BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 25 Mei 2009

Menteri: Tak Ada Pendidikan Gratis

Rabu, 14 Januari 2009 | 18:54 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan pemerintah tidak akan mungkin menggratiskan semua biaya pendidikan karena kemampuan anggaran yang terbatas. Bambang juga menyatakan tidak ada peraturan yang mewajibkan pemerintah membebaskan biaya pendidikan. Bahkan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 hanya menjamin pendidikan bebas biaya bagi pendidikan dasar.

“Dalam Undang Undang Dasar 1945 hanya dikatakan ‘untuk mencerdaskan kehidupan bangsa’, tidak ada dikatakan ‘untuk mencerdaskan kehidupan bangsa secara gratis’. Tak ada itu di konstitusi,” kata Bambang lagi saat sosialisasi Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan di kantornya hari ini.

Sebelumnya, lembaga pemerhati pendidikan Education Forum berencana akan menggugat UU Badan Hukum Pendidikan dan UU Sistem Pendidikan Nasional ke Mahkamah Kosntitusi. Mereka mengganggap pemerintah harusnya mau berinvestasi untuk pendidikan. “Pendidikan dari semua level harus gratis. Masalahnya ada pada kemauan pemerintah,” kata Sekretaris Jenderal Education Forum Gatot.

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2009/01/14/brk,20090114-155323,id.html

0 comments: