BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 18 Mei 2009

Istri Pejabat Siap Ganti Dana Sekolah Rubuh

Kamis, 02 April 2009 | 21:21 WIB

TEMPO Interaktif, BANDUNG:- Kepala Sekolah yang juga istri pejabat atau pembangun kelas harus menyiapkan dana jutaan rupiah. Uang itu untuk mengganti atap dua kelas SD Negeri Sejahtera 4, Sukajadi, Kota Bandung, yang rubuh tiga hari lalu.“Tidak boleh ada pungutan ke orang tua siswa,” tegas Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Oji Mahroji, di Balaikota Bandung, Kamis (2/4).

Menurut Oji Mahroji, siapa yang bersalah dalam kejadian itu masih harus menunggu hasil pemeriksaan kepolisian. Dari pengalaman dua SD yang runtuh setelah diperbaiki tahun lalu, katanya, pelaksana proyek biasanya yang harus menanggung dana pengganti. “Bisa (juga) terjadi kalau salahnya kepala sekolah,” kata Oji. Kepala SD Negeri Sejahtera 4, Fatimah, adalah istrinya.

Kerugian akibat rubuhnya atap sekolah itu masih dihitung. Sebelumnya, SD tersebut menerima dana Rp 320 juta untuk perbaikan 8 kelas. Masing-masing ruang harusnya dialokasikan Rp 40 juta sesuai ketentuan. Namun oleh kepala sekolah, dana itu dipotong untuk menambah perbaikan 5 ruang kelas lain.

Tahun ini, kata Oji, 249 ruang SD dan SMP negeri juga swasta di Kota Bandung masih menerima dana role sharing dari APBD Jabar 2009. Semuanya dikelola sendiri oleh sekolah. Dinas mengaku kesulitan mengawasi perbaikan sekolah, selain hanya bisa mengawasi penggunaan dana dan pelaksaanaan pembangunan. “Kami tidak punya kompetensi untuk mnenilai bangunan secara teknis,” katanya.

ANWAR SISWADI

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2009/04/02/brk,20090402-168058,id.html

0 comments: