BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 06 Mei 2009

Belajar Secara Indiviual, Sesuai Pula Kemampuan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sertifikasi ISO 9001 - 2000 dalam hal perencanaan, pengembangan, implementasi, serta quality control training dan pendidikan Bahasa Inggris merupakan sebuah bukti yang mungkin menjadi pertimbangan untuk melongok lebih jauh keberadaan lembaga bahasa ini. Wall Street Institute, mau coba?

Blended learning method. Wall Street Institute begitu mengagung-agungkan metode belajar tersebut, karena mereka berpendapat, metode itu memungkinkan setiap orang dengan latar belakang kemampuan yang berbeda dapat belajar secara individual dan belajar sesuai kemampuannya sendiri, serta mencapai target yang diinginkan.

Saat ini, lebih dari 3.700 siswa bergabung di Wall Street Institute dan tengah merasakan blended learning method tersebut. Namun menariknya, jumlah siswa per kelas sangat sedikit.

Seluruh siswa di Wall Street menikmati kelas yang hanya berjumlah empat siswa per encounter class dan 8 siswa untuk complementary class. Alhasil, hubungan antara guru dan setiap siswa sangat terjamin. Ya, karena hanya siswa dengan tingkat yang sama yang boleh bergabung di kelas yang sama pula.

Di sisi lain, Wall Street juga menyediakan native teacher dan personal tutor. Tugas keduanya adalah mengikuti perkembangan setiap siswa dengan memberikan banyak arahan dan dorongan atas kemampuan belajar di tempat ini.

Pusat belajar pun terkomputerisasi. Di sinilah perkembangan tiap siswa di setiap saat akan tercatat rapi dan menjadi sebuah laporan perkembangan siswa yang lengkap dan dilaporkan kepada siswa secara terperinci.

Aktivitas klub sosial pun menjadi acara yang menyenangkan sebagai cara praktek Bahasa Inggris bergaya Wall Street. Acara dikemas oleh Wall Street dengan suasana yang santai, akrab dan membentuk perbincangan-perbincangan dalam yang luas. Dengan aktivitas berbeda-beda dilakukan setiap hari, menggunakan perangkat tambahan seperti DVD, TV kabel, serta kegiatan luar ruang, kegiatan ini menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan untuk mempraktekkan kemampuan bahasa seorang siswa.

Jam belajar pun fleksibel. Lembaga bahasa yang terletak di kawasan Ratu Plaza, Jakarta Selatan, ini memang memudahkan siswa untuk belajar kapan saja mereka inginkan. Untuk itulah, Pusat Belajar dibuka setiap hari, dan siswa cukup memesan encounter class atau complementary class sesuai dengan waktu luang yang mereka punya. Bahkan, siswa juga bisa menikmati akses tak terbatas di speaking center tanpa batas waktu atau frekuensi kehadiran.

Umum dan Bisnis
Sebelum masuk ke Wall Street Institute, ada satu tahap yang harus dilakukan yaitu Tes Bahasa Inggris. Tanpa dipungut biaya, dari hasil tes tersebut tingkatan bahasa siswa akan disesuaikan dengan kemampuan berbahasanya. Siswa pun bisa lantas merencanakan kursus yang sudah dipilihnya, baik untuk Bahasa Inggris Umum atau Inggris Bisnis.

Bahasa Inggris Umum dikategorikan ke dalam empat bagian. Hal tersebut ditujukan oleh Wall Street untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berbahasanya di kemudian hari, yaitu:

1. Survival atau dapat berbahasa Inggris pada tingkat dasar.

2. Waystage atau belajar mengekspresikan diri dengan menggunakan berbagai istilah Bahasa Inggris.

3. Upper Waystage atau bercakap-cakap dengan kelancaran sedang sampai tingkat tinggi.

4. Threshold atau berbicara dengan tingkat kelancaran dan pengertian yang tinggi.

Lain halnya dengan Bahasa Inggris Umum Lanjutan. Kelas ini akan membantu para siswa menuju tingkat kelancaran tertinggi, yaitu Milestone atau lancar berkomunikasi dalam berbagai situasi sosial dan Mastery atau sangat lancar berkomunikasi.

Sementara itu, untuk Bahasa Inggris Bisnis (English for Business) Wall Street Institute sudah merancang beberapa program khusus untuk membantu Anda yaitu:

- Meningkatkan pemahaman siswa akan hal-hal terkait situasi bisnis yang penting

- Meningkatkan kosakata siswa, baik yang bersifat umum ataupun teknis bisnis

- Membantu siswa mengenali dan menggunakan gaya bahasa sesuai konteksnya

- Meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa secara total dan keseluruhan

Sebagai tambahan terhadap penekanan pada Bahasa Inggris bisnis umum, program English for Business di tempat ini juga telah menyiapkan rancangan khusus yang sesuai dengan sebuah area pekerjaan tertentu, yaitu General Manager, Executive Secretary, Personnel Manager, Finance Manager, Marketing Manager, Sales Manager, serta MIS Manager. Kelas tambahan ini akan dibutuhkan oleh siswa yang ingin lebih spesifik mempertajam kemampuannya kelak di tempat bekerja atau berbisnis pilihannya.

Sumber: http://www.kompas.com/lipsus052009/pread/xml/2009/05/02/1755495/Belajar.Secara.Indiviual..Sesuai.Pula.Kemampuan.

0 comments: