BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 17 Maret 2009

DMR Paling Tepat Untuk UASBN

Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) pada Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional (Balitbang Depdiknas) diberi amanah untuk mengembangkan sistem pengujian dan penilaian untuk Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) sebuah istilah yang disepakati DPR dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk ujian nasional bagi siswa SD/MI/SDLB mulai tahun 2008.

Tantangan yang cukup berat bagi Puspendik dalam menjalankan tugasnya kali ini adalah bahwa prosedur pengisian Lembar Jawab Komputer (LJK) oleh peserta ujian hendaknya menggunakan tanda silang (X). Belum lagi, volume LJK yang diperkirakan mencapai 15,6 juta lembar perlu diolah secepat mungkin dengan tingkat akurasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tak dapat dipungkiri, perangkat lunak Digital Mark Reader (DMR) adalah pilihan yang paling tepat bagi Puspendik dalam menghadapi tantangan tersebut. Apa saja alasannya?

Faktor Non-Teknis

  1. DMR telah teruji pada pemrosesan LJK dengan volume jutaan lembar sejak seleksi CPNS tahun 2004.
  2. DMR telah dipercaya oleh 50 universitas ternama di dalam maupun luar negeri.
  3. DMR terbukti paling diminati, 500 lisensi telah digunakan oleh 300 lembaga pemerintah, perusahaan swasta/industri, lembaga pendidikan maupun psikologi.
  4. DMR memiliki puluhan trainer dan technical support berkualitas yang memiliki mobilitas tinggi serta tersebar di 10 kota besar di Indonesia. Mereka telah berpengalaman dalam menghadapi dan mencari solusi bagi setiap problem saat pelaksanaan proyek-proyek pemindaian berskala besar seperti seleksi CPNS pusat dan daerah serta ujian sekolah tingkat kota/kabupaten dalam 4 tahun terakhir
  5. DMR memiliki layanan call-center yang siap membantu pengguna mencari solusi dari persoalan yang dihadapi kapan saja dan di mana saja, tanpa mengenal batas ruang dan waktu

Faktor Teknis

  1. DMR Jagonya Silang
    DMR sejak dikembangkan tahun 2002 dengan sangat baik telah mampu mengenali tanda silang maupun bulatan sebagai jawaban, bahkan DMR-lah yang pertama kali mewacanakan penggunaan tanda silang pada pengisian LJK untuk ujian di sekolah-sekolah. Bukan hanya konsultan rekrutmen dan lembaga psikologi, TransCorp yang menaungi TransTV dan Trans|7 saat tes rekrutmen 115 ribu calon peserta Broadcast Development Program-nya telah menjadi saksi atas kesuksesan DMR mengenali dengan sangat baik setiap tanda silang sebagai jawaban para peserta.
  2. DMR Mudah Digunakan
    DMR telah dilengkapi dengan panduan penggunaan berupa buku manual serta video pelatihan, sangat membantu bagi pengguna DMR yang lupa materi pelatihan atau tidak dapat mengikuti pelatihan.
  3. DMR Sangat Kencang
    Dengan basis teknologi black-white image recognition pada 100dpi, kecepatan scanner tertinggi dapat diraih dan DMR mampu melakukan ekstraksi data hingga 1500 lembar/menit, setara dengan 90.000 lembar per jam.
  4. DMR Toleran Non-2B
    Bila dipasangkan dengan scanner yang berkualitas, DMR sangat peka dengan goresan pensil 2B maupun bukan 2B. Selain itu, penggunaan pena dan spidol pun diperbolehkan.
  5. DMR, LJK Satu Warna Juga OK
    LJK yang difotokopi dan diisi dengan bulatan akan dapat dibaca dengan baik oleh DMR. Adapun LJK satu warna non-hitam akan sangat baik bila diisi dengan tanda silang sekalipun.
  6. DMR Kompatibel OMR
    Dengan teknologi Virtual Mark Reader (VMR), DMR sangat baik dalam mengekstrak data dari berbagai format LJK yang sebelumnya telah ada dan LJK tersebut tadinya dirancang untuk diperiksa menggunakan alat/perangkat lunak lain, seperti LJK OMR, Teleform, dsb. DMR dengan teknologi VMR sangat diakui manfaatnya oleh pengguna saat digunakan pada seleksi CPNS dan berbagai ujian seleksi di lembaga kepolisian.
  7. DMR Sangat Adaptif
    Dengan penggunaan bingkai pada LJK DMR, DMR sangat adaptif terhadap hasil pemindaian yang mengalami perubahan geometri karena LJK yang miring, bergeser, diskalakan, atau rusak karena terlipat, sobek, kusut bahkan basah sekalipun.
  8. DMR Dilengkapi DMR-Editor
    Dengan DMR-Editor (DMR-e), pengguna dapat mendesain dan mencetak sendiri LJK ujian, kuesioner maupun bentuk form data lain sesuai dengan yang dibutuhkan. Bagi pengguna yang memerlukan pre-printed form tersedia pula DMR-Print Serial (DMR-PS)
  9. DMR Dilengkapi Validator/Verifier
    Terdapat fasilitas pengenalan Bad ID secara otomatis serta dapat dihubungkan dengan data yang telah ada sebelumnya sebagai referensi validasi dan verifikasi.
  10. DMR Dilengkapi DMR-Extractor
    DMR-Extractor (DMR-X) memiliki modul pemindaian, ekstraksi, penilaian, analisis dan penggabungan nilai serta pelaporan yang dapat dikonversi ke berbagai format dan struktur basis data. Fitur yang paling diminati adalah Send2Excel yang langsung menampilkan laporan siap saji pada Microsoft Excel.
  11. DMR Sangat Fleksibel
    Dari sisi sistem operasi, DMR dapat digunakan di Windows 2000, Windows XP maupun Windows Vista. Dari scanner yang digunakan, DMR terbukti dapat dipasangkan dengan beragam tipe scanner yang memiliki TWAIN driver dari berbagai merk seperti Fujitsu, Canon, HP, Kodak, MDS, Panasonic, Xerox, Sharp, Ricoh, dan Bowe Bell-Howell. Dari sisi pemasangan, DMR tidak harus di-instal. DMR dapat langsung digunakan cukup dengan memasang USB drive dongle pada komputer. Dari sisi pengembangan, fitur-fitur DMR dapat ditambah maupun direvisi sesuai dengan contoh dan permintaan dari penggunanya.

0 comments: